Kisah Pak Bhabin di Bangka Selatan, Rela Jemput Warga Untuk Vaksin Hingga Jadi Pencari Solusi

0
58

Tribratanewsbangkaselatan – Vaksinasi di Kabupaten Bangka Selatan terus rutin dioptimalkan. Bahkan maayarakat yang akan vaksinasi sampai dijemput oleh personil Polres Basel. 

Hal itu dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Rindik Kecamatan Toboali,  Bripka Zulkarnain. Dimana, sang Bhabin Kamtibmas memberikan pelayanan antar-jemput warga lansia menuju lokasi Gerai Vaksin di desa binaannya, Sabtu (04/12).

Tugas itu, dilakukan selain sebagai pelayanan sebagai Bhabinkamtibmas yang salah satu tugas dalam percepatan capaian vaksinasi di wilayah binaannya.

Dengan menggunakan Ambulan Desa, bersama Pak Kadus dibantu Perangkat Desa, merekapun melakakan antar jemput warga peserta vaksinasi dari kalangan lansia agar mereka bersedia divaksin menuju gerai vaksinasi.

Menurut sang Bhabin ada beberapa kondisi warga binaannya tersebut sangat tidak memungkinkan untuk berjalan sendiri seperti difabel. Terlebih, jarak antara rumah dan tempat vaksin cukup jauh.

Ia juga menjelaskan bahwa ada macam tingkah laku warga lainnya dalam hal vaksinasi, mulai dari yang menolak divaksin hingga ada yang sangat ingin divaksin namun terkendala dengan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk di vaksin seperti hipertensi darah tinggi), asma dan kolesterol tinggi.

Ia menceritakan ada seorang warganya yaitu seorang nenek bernama Nurhayati yang berusia 61 tahun yang sangat ingin di vaksin bahkan sudah 6 kali datang ke gerai, namun di tolak oleh Nakes dikerenakan kendala Hipertensi yang diderita nya.

Tetapi, sang nenek tak putus asa, ia kembali datang dengan ditemani sang Bhabinkamtibmas untuk mencari solusi agar dirinya bisa divaksin. Dengan berkoordinasi bersama Seksi Dokkes Polres Basel, sang Bhabin kemudian menyarankan agar ibu Nurhayati mengikuti cara yang disarankan oleh tenaga kesehatan agar tekanan darah ibu tersebut kembali normal sesuai standar untuk divaksin, dan akhirnya sang nenek pun dinyatakan bisa divaksin.

“Iya memang ada seorang nenek yang dengan tekad kuat untuk divaksin tapi belum bisa divaksin karena kondisi kesehatannya. Saya selaku bhabin disini ikut mencarikan cara agar nenek tersebut bisa divaksin dengan berkonsultasi pada pihak Sidokkes Polres, dan Alhamdulillah akhirnya Nenek Nurhayati bisa divaksin karena telah memenuhi syarat layak vaksin”, terang Bripka Zulkarnain. 

Nenek Nurhayati sangat bersyukur karena akhirnya melakukan Vaksinasi sebab ia sudah beberapa kali mencoba untuk divaksin seperti orang pada umumnya, karena keyakinannya merupakan salah satu ikhtiar dan mendapat bantuan dari Bhabinkamtibmas didesanya, akhirnya ia dapat divaksin.

“Saya ucapkan terimakasih pak bhabin membantu saya mencarikan soluai hingga telah mengantarkan vaksinasi di gerai kalo tidak ada pak bhabin mungkin saya sulit untuk bisa divaksin” kata sang nenek sambil tersenyum.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Joko Isnawan, SIK, MH mengatakan, Bahwa Polres Bangka Selatan akan memprioritaskan Kegiatan Vaksinasi ke semua kalangan termasuk kalangan lansia yang mengikuti kegiatan percepatan vaksinasi dan kami membuka layanan antar-jemput, khusus bagi lansia dan maupun disabilitas yang akan melakukan vaksinasi sehingga bisa berjalan lancar serta tidak perlu menunggu waktu yang lama.

“Dalam kegiatan tersebut kami menugaskan personil apabila ada lansia maupun kaum difabel agar segera dibantu serta mempercepat prosesnya sehingga selama pelaksanaan vaksinasi kaum tersebut tidak perlu menunggu lama,” ucap Kapolres

Kegiatan layanan antar jemput ini merupakan program Polres Bangka Selatan sebagai bentuk kepedulian terhadap para lansia maupun difabel untuk mempermudah dalam percepatan Vaksinasi Covid 19 di wilayah Kab. Bangka Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here