Tribratanews Polres Bangka Selatan, untuk kesekian kalinya Polres Bangka Selatan menjadi salah satu objek penelitian Tim Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan) Mabes Polri terkait keselamatan pengguna jalan di kabupaten Bangka Selatan bertempat di ruang briefing Polres Bangka Selatan Pada Rabu Siang (06/10).

Kedatangan Tim Puslitbang Mabes Polri disambut langsung oleh Kapolres Bangka Selatan AKBP Joko Isnawan, SIK, MH dan Kasat Lantas Polres Bangka Selatan Akp. Jean Alvin Sinulingga, SIK di ruang kerja Kapolres Bangka Selatan.

Kapolres Bangka Selatan  mengucapkan terima kasih kepada tim Puslitbang yang sudah berkunjung dan melaporkan secara singkat kondisi wilayah Kabupaten Bangka Selatan  yang terdiri dari 5 wilayah hukum dan situasi kamtibmas Relatif Aman dan kondusif.

“Terima Kasih Kepada Komadan berserta Tim yang sudag jauh-jauh berkunjung ke Bangka Selatan, Dapat di laporkan bahwa wilayah hukum Polres Bangka Selatan  meliputi 8 wilayah Kecamatan dalam 5 Polsek, Sementara itu untuk keadaan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Bangka Selatan  relatif aman. Dan dalam hal ini selanjutnya kami mohon petunjuk dan arahan dari tim Puslitbang Polri”, Ucap Kapolres.

Sementara itu dalam sambutanya Ketua Tim Puslitbang Mabes Polri Kombes Pol. Saefuddin Mohamad, S.I.K menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini dalam rangka Optimalisasi Tingat Pengguna jalan yang Berkeselamatan untuk Mewujudkan Keamanan, Keselamatan , Ketertiban dan Kelancaran lalu lintas (KAMSELTIBCAR LANTAS) T.A. 2021.

“Penelitian yang melibatkan akademisi ini di mulai dari adanya data tingkat kecelakaan lalu lintas yang relatif tinggi khususnya yang menyebabkan korban meninggal dunia. Faktor – faktor yang menyebabkan angka kecelakaan tinggi antara lain adanya kelalaian pengguna jalan, faktor alam dan faktor keadaan jalan itu sendiri. Pembangunan transfortasi yang baik sangat dibutuhkan sehingga kami mencari masukan masukan yang baik untuk meminimalisir tingginya angka kecelakaan, sebagai contoh kondisi jalan dari lintas kabupaten/kota mulai dari Pangkalpinang, Koba menuju Toboali relatif bagus namun kondisinya sepi sehingga dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas”, ucapnya.

sebelum melanjutkan penjelasanya Kombes Pol Saefuddin Memperkenalkan Tim yang ia Bawa untuk melakukan penelitian di bangka tengah antara lain Beliau Sendiri sebagai Ketua Tim, Pembina Dwi Irawati, S.S, Penata Verawaty, S.E, dan Dr. Yuanita Aprilandini Siregar,M.Si Selaku Konsultan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Lebih lanjut di jelaskan bahwa Puslitbang Polri sudah melakukan penelitian penelitian terkait dengan hal tersebut seperti menyebar kuisioner melalui online, melakukan wawancara kepada para pengguna jalan untuk menganalisis faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan tentunya dengan harapan penelitian tersebut dapat memberikan solusi yang baik kedepan minimal angka korban kecelakaan meninggal dunia dapat di minimalisir” tutupnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan FGD (forum Grup Disccus) yang mana dibagi menjadi dua, untuk Personil sat lantas polres bangka tengah dilakukan pendalaman oleh Kombes Pol. Saefiddun sendiri dan untuk masyarakat serta Perwakilan stake holder terkait di dalami oleh Ibu Dr. Yuanita Aprilandini Siregar,M.Si di tempat yang sama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini